Iklan

Iklan feed

,

Iklan

9 Makanan yang aman dan berkualitas di Konsumsi Menjelang Tidur - Bikin tidur nyenyak

Naratawa
Rabu, 20 Desember 2023, Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-20T16:34:56Z
Tidur lelap dan sehat tanpa resiko, Foto. Pinterest Ilustrasi
Naratawa.id - Kurang tidur tak hanya berdampak langsung pada produktivitas dan mood, tapi juga ada peluang menderita sejumlah penyakit kronis.

Tapi pola makan padat nutrisi yang lengkap dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak bisa memberikan bantuan ekstra untuk tidur lebih nyenyak dan aman .

Klik disini


Makan yang aman dan berkualitas di konsumsi sebelum tidur antaranya : 

Ikan Salmon

Kaya akan omega-3 dan vitamin D, membantu meningkatkan serotonin dan melatonin.

Tapi tak itu saja, salmon juga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Konsumsi ikan salmon juga berefek positif dalam pengaturan tidur.

Kurang asam lemak omega-3 bahkan dapat mengganggu tidur di malam hari karena gangguan pada jam internal harian tubuh.

Almond dan Kacang biji

Sumber magnesium yang dapat membantu relaksasi otot.

Menurut Sleep Foundation, kacang jenis pistachio mengandung jumlah melatonin, tryptophan, dan asam amino yang tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, biji labu dan biji wijen juga mengandung tryptophan yang bisa menghasilkan melatonin dan serotonin untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Selain pistachio, biji labu, dan wijen, kacang mete dan kenari juga bisa dijadikan pilihan sebagai camilan sebelum tidur karena mengandung kadar potasium dan magnesium yang tinggi.

Sayuran Hijau

Mengandung kalsium yang dapat merangsang produksi melatonin.

Mengkonsumsi sayur-sayuran setiap hari atau menjelang tidur dapat membantu tidur malam anda lebih pulas. Sayuran yang dimaksud yaitu selada, brokoli, bayam yang banyak mengandung tryptophan yang membuat tidur malam anda lebih pulas. 

Buah Ceri

Mengandung melatonin alami, membantu mengatur siklus tidur.

Lalu, mengonsumsi ceri asam juga telah terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala insomnia. Sebab, ceri asam mengandung melatonin dan senyawa lain yang berkontribusi pada tidur yang lebih baik.

Yogurt

Sumber triptofan dan kalsium yang dapat mendukung tidur yang nyenyak.

Yogurt terkenal dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan kalsium ke dalam menu makanan bisa membuat seseorang lebih mudah tertidur. 
Selain itu, kualitas tidur juga bisa lebih meningkat.

Madu

Meningkatkan produksi melatonin dan membantu menenangkan sistem saraf.

Sejak beribu tahun silam, madu telah digunakan sebagai makanan dan obat. Madu disarankan orang dulu untuk dikonsumsi sebelum tidur bersama teh chamomile atau susu hangat.

Madu adalah cairan kompleks yang mungkin memiliki lebih dari 181 komponen, seperti vitamin, mineral, asam amino, antioksidan, dan banyak lagi.

Oatmeal

Sumber karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan produksi serotonin.

Oatmeal panas atau dingin dapat membantu tubuh untuk mempersiapkan tidur yang nyenyak dengan keadaan kenyang sepanjang malam. 

Melalui kandungan magnesium dan melatoninnya yang tinggi, oatmeal terkenal bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang, terlebih bila dikombinasikan dengan biji-bijian kering atau buah-buahan.

Telur

Mengandung triptofan dan vitamin B12 yang dapat membantu mengatur tidur.

Pisang

Kaya akan magnesium dan potasium yang mendukung relaksasi otot.

Pisang adalah kombinasi sumber magnesium yang dinilai sangat bagik. Magnesium diyakini berperan dalam mengatur sistem ketepatan waktu makhluk hidup, termasuk manusia untuk tidur.

Melansir dari Sleep Foundation, satu porsi pisang dan satu ons almond mengandung lebih dari 100 miligram magnesium. Selain itu, kandungan potasium yang terdapat di dalam pisang bisa meningkatkan kualitas tidur pada perempuan.

Pastikan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang sesuai dan hindari makan berat sebelum tidur.


(Ez/naratawa)
Baca juga di Google News atau indek berita

Iklan ads