Iklan

Iklan feed

,

Iklan

Review buku : Mengupas Tentang Pentingnya Belajar Sepanjang Hayat

Naratawa
Rabu, 20 Desember 2023, Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-20T15:36:44Z
Buku Beginners, Tom Vandaerbilt, Foto istimewa
Naratawa.id - Mengapa begitu banyak dari kita berhenti mempelajari keterampilan baru kala beranjak dewasa ? 
Apakah kita takut gagal ? Sudahkah kita melupakan kesenangan menjadi seorang pemula ? 

Terinspirasi oleh anak perempuannya yang hampir selalu ingin tahu cara melakukan semua hal, Vanderbilt memutuskan untuk meluangkan waktu satu tahun penuh demi “bersenang-senang sambil belajar.” 

Klik disini

Dia mempelajari lima keterampilan utama, yaitu catur, menyanyi, berselancar, menggambar, dan juggling. Apa yang tidak dia duga adalah betapa menyenangkannya menyanyikan lagu-lagu Spice Girls dalam paduan suara amatir hingga kalah dalam permainan catur dari anak berusia delapan tahun. 

Dia mewawancarai puluhan ahli untuk mengeksplorasi sisi psikologi dan sains yang menarik di balik manfaat menjadi pemula dewasa. 

Buku Beginners karya Tom Vanderbilt mengupas tentang pentingnya belajar sepanjang hayat dan potensi yang bisa diraih dari belajar hal-hal baru. 

Dalam buku ini, Vanderbilt mengeksplorasi berbagai tema yang berkaitan dengan pembelajaran, termasuk kognisi, produktivitas, inovasi, dan kebahagiaan.

Buku ini terdiri dari 8 bab, dimulai dengan pendahuluan yang memberikan gambaran umum tentang konsep belajar seumur hidup, lalu dilanjutkan dengan pengantar berbagai topik yang dibahas dalam buku. 

Setiap bab berfokus pada topik tertentu dan diakhiri dengan saran praktis tentang bagaimana memulai belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu tema yang dibahas dalam buku ini adalah tentang "zone of proximal development", yang merujuk pada jarak antara kemampuan yang dimiliki saat ini dan kemampuan yang bisa dicapai dengan bantuan dari orang lain atau sumber daya. 

Vanderbilt mengemukakan bahwa belajar dari zona ini merupakan kunci untuk mengembangkan kemampuan dan mencapai potensi terbaik.

Vanderbilt juga membahas tentang keuntungan belajar dengan cara yang berbeda-beda, seperti melalui pengalaman langsung, melalui komunitas, dan melalui teknologi. 

Dalam bab yang membahas tentang pengalaman langsung, Vanderbilt mengemukakan bahwa pembelajaran melalui pengalaman langsung dapat menghasilkan perubahan yang lebih besar dalam diri kita.

Tom Vanderbilt menekankan bahwa belajar bukan hanya tentang mencapai tujuan tertentu, tetapi juga tentang mengeksplorasi dan menikmati proses belajar itu sendiri.

Meski memiliki banyak kelebihan, buku ini tetap tak luput dari beberapa kekurangan. Buku ini mungkin terlalu umum dan kurang spesifik dalam memberikan contoh dan strategi belajar yang lebih konkret. 

Beberapa pembaca mungkin mengharapkan buku ini memberikan lebih banyak contoh kasus atau studi kasus tentang bagaimana orang-orang dapat menerapkan konsep belajar sepanjang hayat dalam kehidupan sehari-hari.

Tentang Penulis

Tom Vanderbilt adalah penulis You May Also Like : Taste in an Age of Endless Choice, Traffic : Why We Drive the Way We Do (and What It Says About Us),

Survival City : Adventures Among the Ruins of Atomic America. Merupakan lulusan dari Rudin Center for Transportation Policy and Management di New York University. 

Pemenang dari Warhol Foundation Arts Writers Grant, di antara penghargaan lainnya. Saat ini, ia tinggal di Brooklyn, New York.

(Ez/naratawa)
Baca Juga di Google News atau indek berita

Iklan ads