Iklan

Iklan feed

,

Iklan

Review - Buku Seni Mengelola Konflik Teladan Nabi Muhammad SAW - Naratawa.id

Naratawa
Selasa, 05 Maret 2024, Maret 05, 2024 WIB Last Updated 2024-03-05T10:45:21Z
Buku Seni Mengelola Konflik - Teladan Nabi Muhammad SAW
Naratawa.id - Konflik merupakan suatu hal yang lumrah dalam hidup, setiap orang pasti pernah menghadapi konflik. Entah di keluarga, tempat kerja, lingkungan masyarakat, atau bahkan konflik dalam diri sendiri. Konflik harus bisa disikapi dengan bijak, sebagai jalan menempa kedewasaan dan kematangan diri. 

Gagasan inovatif penulis untuk mengubah persepsi negatif tentang konflik menjadi paradigma bernilai positif merupakan pendekatan baru dalam mengelola konflik, Sebuah upaya penggabungan antara realitas sosial dengan solusi spirit keagamaan. 

Buku ini seyogyanya menjadi bacaan wajib bagi semua kalangan terpelajar dan pemangku kebijakan, karena Buku ini sangat spesial karena memberikan kita cara mengelola konflik dengan mengambil keteladanan dari Nabi Muhammad Saw. 

Buku yang ada dihadapan Anda ini menyajikan pembahasan yang menarik perihal pengelolaan suatu masalah ataupun konflik secara lengkap. Dengan mengambil keteladanan dari Rasulullah Saw., tentu cara-cara pengelolaan konflik yang disajikan dalam buku ini menjadi begitu mudah untuk diterapkan.

Melalui buku ini, Mohammad Takdir mengajak kita menelusuri dan meneladani Nabi Muhammad Saw dalam menghadapi situasi sulit selama menjalankan dakwah Islam. di awal penulis memberi dasar pemahaman tentang apa itu konflik, penyebab terjadinya konflik, juga jenis-jenis konflik. 

Kemudian, penulis menekankan pentingnya melihat sisi positif dari suatu konflik dan mengapa konflik harus dikelola.

Beberapa sisi positif konflik yang diuraikan di buku ini adalah motivasi meningkat, relasi komunitas lebih kuat, penyesuaian diri dengan kenyataan akan selalu terkintrol ,pengetahuan dan keterampilan berkembang, membantu mencapai tujuan dan mendorong kemajuan, dan hidup lebih matang dan dewasa.

Di bab selanjutnya, penulis menguraikan potret keteladanan Rasulullah Saw. dalam mengelola konflik diantaranya adalah mengedepankan sikap toleransi, bersikap santun dan mengedepankan rasa hormat kepada orang yang berbeda pandangan. Ini adalah sikap-sikap utama yang harus selalu dijaga dalam mengelola konflik.

Kemudian, teladan Rasullullah Saw. dalam buku ini adalah memaafkan, meskipun beliau difitnah, ditekan, dicaci maki, beliau tak membalas. Justru beliau memaafkan dan mendoakan orang tersebut agar diberi hidayah (halaman 171). Kebesaran hati memaafkan kesalahan orang lain adalah kunci mengelola konflik. 

Kita tahu, betapa banyak konflik berkobar menjadi pertikaian karena dendam dan sikap tak mau memaafkan.


Teladan selanjutnya adalah memberi kebebasan, bukan mengekang, Sikap egois, mengekang, dan mau menang sendiri adalah awal mula pecahnya konflik menjadi pertikaian, disinilah pentingnya memberi kebebasan dan melindungi hak orang lain yang berbeda. 

Penulis memberi contoh Piagam Madinah yang diinisiasi Rasulullah Saw. sebagai strategi merangkul minoritas agar bisa hidup berdampingan dengan kaum muslim.
Melalui piagam ini, perbedaan agama, kebebasan individu, kaum minoritas, semua dilindungi sehingga bisa hidup berdampingan dalam damai. 



Judul : Seni Mengelola Konflik 
Penulis : MOHAMMAD TAKDIR 
Rating : Umum 
Penerbit : Penerbit Noktah Tanggal 
Terbit : 1 Feb 2021 
Tebal : 300 halaman


( Ez/naratawa)
Baca Juga di Google News Atau Indeks Berita

Iklan ads