Iklan

Iklan feed

,

Iklan

Perbedaan GPT-3.5 dengan GPT-4 pada ChatGPT AI Artificial intelligence - Naratawa.id

Naratawa
Senin, 20 Mei 2024, Mei 20, 2024 WIB Last Updated 2024-05-20T15:37:24Z
Foto sumber : istimewa
Naratawa.id - Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terpopuler di dunia ini yang membuat pekerjaan copywriting lebih cepat dan tepat.

Dalam menunjang para penggunanya, ChatGPT telah merilis AI language terbarunya, yaitu GPT-4 pada Maret 2023.
Sebelumnya, ChatGPT menggunakan AI language bernama GPT-3.5 yang bisa diakses secara gratis. Namun, bagi detikers yang ingin menggunakan GPT-4 harus berlangganan terlebih dahulu.

Mari kita lihat perbedaan antara GPT-3.5 dengan GPT-4? Benarkah AI language terbaru dari ChatGPT ini lebih kaya fitur dan mumpuni ? 

Perbedaan GPT-3.5 dengan GPT-4
Walaupun keduanya sama-sama merupakan program language model berformat percakapan atau dialog, namun ternyata ada perbedaan antara GPT-3.5 dengan GPT-4. Mengutip laman Coursera, berikut sejumlah perbedaannya :

1. Bisa Menggunakan Gambar

Di GPT-3.5, pengguna harus menulis prompt menggunakan teks untuk menghasilkan output AI dari ChatGPT. Sedangkan di versi GPT-4, kamu bisa menggunakan teks dan gambar.


Sebagai contoh, kamu memasukkan gambar bagian dalam lemari es beserta isiannya. Nantinya, AI akan menyarankan resep makanan atau minuman apa yang bisa dibuat dengan bahan-bahan yang ada di dalam gambar tersebut.

2. Menghasilkan Jawaban yang Lebih Aman dan Akurat

OpenAI mengklaim kalau GPT-4 lebih aman dalam menghasilkan jawaban yang ditulis pada prompt daripada versi GPT-3.5.

82% lebih kecil kemungkinannya untuk menanggapi permintaan konten yang tidak diizinkan dan 40 persen lebih besar kemungkinannya untuk menghasilkan tanggapan faktual dibandingkan GPT-3.5 pada evaluasi internal kami," tulis OpenAI di laman resminya.

3. Punya Memori yang Lebih Besar

GPT-4 diklaim dapat mengingat lebih banyak percakapan dengan penggunanya dibandingkan GPT-3.5. Sebelumnya, GPT-3.5 memiliki keterbatasan dalam menyampaikan informasi yang hanya tersedia sebelum tahun 2021 dan memiliki memori jangka pendek yang terbatas, yakni sekitar 8.000 kata.

Sebagai perbandingan, GPT-4 diklaim memiliki memori delapan kali lebih besar daripada versi GPT-3.5, yakni bisa menyimpan 64.000 kata. Lalu, GPT-4 juga memiliki jendela konteks yang lebih panjang atau jumlah teks yang dapat diproses secara bersamaan.

4. Pengetahuan Umum yang Lebih Luas

Basis pengetahuan umum di GPT-4 disebut lebih baik daripada GPT-3.5. Hal tersebut memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan, mengedit, dan mengulangi berbagai tugas seperti membuat lagu, menulis skenario, atau mempelajari gaya menulis pengguna.

Selain itu, GPT-4 telah menggunakan data terbaru hingga April-Desember 2023, sehingga dapat memberikan jawaban yang lebih baik dan sesuai. Namun, semua itu bergantung pada versi modelnya juga.

5. Harga

Perbedaan yang terakhir adalah dari segi harga. Saat ini, GPT-3.5 tersedia dalam versi gratis dan bisa diakses oleh siapa saja. Meski begitu, fiturnya terasa kurang lengkap dan tidak up to date.

Sementara itu, GPT-4 bisa diakses dengan berlangganan setiap bulannya. Jika detikers tertarik, kamu harus merogoh kocek sebesar US$ 20 atau sekitar Rp 320 ribu per bulan.

ChatGPT juga menyediakan paket 'Team' yang ditargetkan untuk pekerja atau pelajar yang butuh lebih banyak fitur. Setiap orang akan dikenakan biaya US$ 25 atau setara Rp 400 ribu per bulannya.


Itulah perbedaan antara ChatGPT - 3.5 dengan ChatGPT-4.


(Ez/naratawa)
Baca Juga di Google News

Iklan ads