Iklan

Iklan feed

,

Iklan

Ucapkan 3 Kalimat Simpel Ini Bisa Membuatmu Terlihat Cerdas Saat Mengobrol atau diskusi - Naratawa.id

Naratawa
Minggu, 12 Mei 2024, Mei 12, 2024 WIB Last Updated 2024-05-12T13:55:58Z
Ilustrasi ngobrol Foto : paxels
Naratawa.id - Kecerdasan seseorang bisa terlihat dari kalimat apa yang disampaikannya, saat dalam sebuah diskusi atau mengobrol biasa dengan kawan lawan bicara.

Sering kali, agar terlihat cerdas, seseorang menggunakan kata atau frasa yang rumit agar membuat orang bertanya-tanya atau agar ia terlihat lebih berwawasan luas. Padahal, cara ini bisa membuat lawan bicaranya merasa minder bisa saja bikin males ngobrol banyak.

Menurut Matt Abrahams, dosen Stanford University dan pakar komunikasi mengatakan, komunikasi yang baik adalah saat bisa mudah dipahami. 

Nggak perlu rumit-rumit apalagi membuat orang lain sampai merasa minder, berikut sederet kalimat simpel yang bisa membuatmu tetap terlihat cerdas dan memiliki kecerdasan emosional saat mengobrol dengan orang lain.

1. 'Bisakah kamu ceritakan lebih banyak tentang hal itu?'


Melansir CNBC, saat ada seseorang yang curhat kepadamu, apalagi tentang sesuatu yang sensitif atau penting, yang sebaiknya tidak langsung kamu lakukan adalah memberi pendapat pribadi. 

Pasalnya, orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan mengajukan beberapa pertanyaan yang membuat lawan bicaranya merasa didengar dan diakui. Hal ini disampaikan langsung oleh penulis Kathy dan Ross Petras. 

"Orang yang kurang kesadaran diri hanya peduli pada pikiran dan pendapatnya sendiri. Tapi orang yang cerdas secara emosional tertarik pada perasaan orang lain dan apa yang mereka katakan," tulisnya kepada CNBC. 

Kalimat seperti 'Bisakah kamu ceritakan lebih banyak tentang hal itu?', akan mendorong lawan bicaramu untuk bercerita lebih lanjut terkait apa yang dihadapi dan perasaannya. Dengan tujuan beri ruang banyak kepada lawan bicara, mungkin saja dia punya niatan mau bicara banyak, jadilah pendengar setia terlebih dahulu, Setelah kamu menemukan apa yang dirasakannya, kamu bisa berusaha untuk menempatkan dirimu pada posisi mereka.

2. 'Menurut saya...'

Saat seseorang sedang menceritakan masalahnya, menurut pelatih pidato dan jurnalis John Bowe jangan langsung menghakimi dengan kalimat "ini masalahnya". Kalimat tersebut dianggap terlalu menyinggung dan kasar, seakan - akan kamu adalah orang sok tau.

Akan jauh lebih baik, jika kamu menggantinya dengan kalimat "Menurut saya..." atau "Saya pikir, Menurut pandangan saya sementara, kalau saya boleh usul " yang akan menghilangkan kesan sombong. Kalimat ini tak hanya membuatmu terlihat cerdas, tapi terlihat memiliki kecerdasan emosional dan etika.

3. 'Bisakah kamu memberiku saran?'


Ternyata, sesederhana meminta saran bisa membuatmu terlihat cerdas lho, karna saat kamu meminta saran pada orang cerdas, mereka akan mengira kamu juga sosok yang cerdas karena mengetahui siapa yang harus didatangi untuk dimintai saran. 

Penulis buku terlaris Joanne Lipman menyarakan, jangan takut untuk mendekati orang lain dan meminta saran padanya. 

"Salah satu kendala terbesar dalam melakukan pendekatan adalah kecemasan. Hal ini menghalangi kita untuk mengambil langkah pertama yang mungkin mengarah pada kontak bisnis utama, peluang baru, atau pasangan romantis," kata Lipman.

Setelah memulai percakapan, kamu bisa mengajukan pertanyaan lanjutan yang berhubungan dengan apa yang diucapkan sebelumnya, hal ini bisa membuatmu terlihat benar-benar mendengarkan dan tertarik sehingga dalam obrolan itu tercipta diskusi/ duduk sama rata .


(Ez/naratawa)
Baca Juga di Google News

Iklan ads