Iklan

Iklan feed

,

Iklan

Metode Diet intermittent fasting berhasil Turunkan 17 kg Berat Badan Marshanda ! Naratawa.id

Naratawa
Selasa, 30 Juli 2024, Juli 30, 2024 WIB Last Updated 2024-07-30T12:22:36Z
Foto sumber @marshanda99
Naratawa.id - Salah satu artis mengungkap salah satu rahasianya berhasil menurunkan berat badan hingga 17 kg adalah menjalani intermittent fasting, Yaitu Marshanda

Apa itu diet intermittent fasting dan bagaimana cara tepat menjalaninya?

Intermittent fasting (IF) adalah diet yang melibatkan siklus makan dan tidak makan secara bergantian.

Melansir Healthline, intermittent fasting menjadi salah satu metode diet yang dianggap ampuh menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, dan membantu melindungi diri dari berbagai penyakit dan kondisi lainnya.

Singkatnya, intermittent fasting adalah pola makan di mana Anda berganti-ganti antara periode makan dan puasa. Melakukan diet ini tidak ada batasan soal makanan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan. Justru yang dihitung adalah berapa jam Anda boleh makan dan tidak boleh makan.
Dilansir dari mitrakeluarga.com Selain membantu menjaga pola makan dan menurunkan berat badan, intermittent fasting atau diet puasa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh:

• Menurunkan kadar gula darah.

• Menurunkan berat badan.

• Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

• Mengurangi rasa lapar yang terlalu sering.

• Meningkatkan metabolisme sampai 14%.

• Mengurangi ketergantungan pada makanan tinggi gula.

• Mengurangi rasa cemas dan stres, dan dapat menghindari asupan makanan berlebihan.


Untuk merasakan manfaat tersebut, Sahabat MIKA dapat menjalani beberapa opsi jeda waktu puasa intermittent fasting yang bisa Anda coba.

Terdapat beberapa cara berdasarkan variasi waktu untuk menjalani diet puasa ini :


1. 16/8


Waktu intermittent fasting ini sangat populer untuk diterapkan, yaitu 16 jam puasa dan 8 jam makan. Misalnya, Anda berhenti makan tepat jam 8 malam, lalu tidak makan hingga jam 12 siang. Dari jam 12 siang sampai jam 8 malam, Anda boleh mengonsumsi makanan. 

Saat Anda berada pada jeda waktu puasa, Anda boleh untuk minum air mineral, teh dan kopi tanpa gula untuk mencukupi hidrasi. 

2. Eat-stop-eat


Selain metode 16/8, metode ini juga cukup populer. Anda berpuasa selama 24 jam dalam 1 hari, namun masih diperbolehkan untuk minum. Kemudian, di hari selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi makanan atau minuman seperti biasanya dalam 24 jam. 

Para sahabat dapat mengatur waktu kapan akan berpuasa dalam seminggu, misalnya berpuasa seharian penuh ini dalam 2 atau 3 kali seminggu. 

Meskipun Anda dalam program diet puasa, tetap perhatikan dan menjaga pola makan, ya !

3. Alternate Day Fasting


Jika puasa eat-stop-eat dapat Anda tentukan untuk hari dan jadwal, maka alternate day fasting memerlukan waktu berpuasa selama 36 jam atau hampir dua hari. Setelah 36 jam, Anda bisa mengkonsumsi makanan normal seperti biasa. 

Pada puasa ini, Anda diwajibkan untuk banyak mengonsumsi air agar Anda tidak dehidrasi. 

4. Warrior Intermittent Fasting


Nah, berikut ini adalah metode dengan berpuasa selama 20 jam, dan 4 jam untuk makan. Bagi Anda yang ingin menjalani warrior intermittent fasting, tetap jaga pola makan Anda dengan menghindari makanan berproses dan tinggi kalori, serta utamakan hidangan dengan makanan sehat dan tinggi gizi. 


Diet ini berfokus pada mengatur jendela makan setiap hari. Dengan cara ini dia bisa mengonsumsi apapun tanpa ada batasan. Hal yang dibatasi adalah waktu dia bisa makan.

"Aku intermittent fasting, menunya ada, sama saja," kata dia.

Marshanda juga rutin berolahraga dan melakukan berbagai aktivitas fisik. Mulai dari gym, badminton, dan berbagai jenis olahraga lainnya.
Selain itu Marshanda juga rutin mencari tahu soal kandungan gizi dan kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya.

"Ngerasa lebih sehat, lebih fit. Rilis stres juga, bisa rilis banyak banget nggak hanya keringat, rilis emosi, rilis dosa juga kalau mau," kata Marshanda soal dietnya yang berhasil memangkas BB hingga 17 kg.

Sslamat Mencoba !!!


(Ez/naratawa)
Baca Juga di Google News

Iklan ads