Iklan

Iklan feed

,

Iklan

3 Aplikasi Toko Online Baru China Buat UMKM Negara Lain Ketar Ketir - Naratawa

Naratawa
Sabtu, 03 Agustus 2024, Agustus 03, 2024 WIB Last Updated 2024-08-03T16:45:03Z
E Commerce Tiongkok semakin merajalela di kancah Internasional , Foto : Pinterest


Naratawa.id - Entah fakta atau hanya sebatas tuduhan, tetapi sudah sangat jelas bahwa China sedang menyalakan "mesin perang" ekonominya melalui e-commerce dan bersiap untuk menguasai ekonomi domestik negara lain.

China telah membuktikan dominasinya di pasar e-commerce. Berdasarkan data terbaru dari Asia Link Bisnis, terdapat sekitar 632 juta pengguna internet di China yang menjadikan pasar e-commerce negara ini sebagai pasar terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Penjualan via e-commerce di China kini mencapai 3,2% dari PDB Tiongkok, jauh melampaui kontribusi e-commerce terhadap PDB Amerika Serikat yang hanya 2,7%.

Jumlah pembeli online di China terus meningkat, dengan penjualan e-commerce pada tahun 2020 mencapai 840 miliar dolar Amerika Serikat. Dengan keberhasilan ini di pasar domestik, China bersiap merambah pasar internasional dengan berbagai platform e-commerce andalannya yang mulai diminati di negara-negara lain.

Selain TikTok, platform e-commerce China lainnya yang juga siap masuk ke pasar internasional :  


1. TEMU


Dilansir dari temuapp.org, TEMU merupakan platform e-commerce yang menghubungkan pelanggan dengan penjual. Aplikasi yang diluncurkan pada September 2022 itu bertindak sebagai pasar tempat konsumen mencari dan membeli produk dari berbagai vendor.

Platform retail daring (online) tersebut menawarkan berbagai macam produk yang mencakup beberapa kategori, yaitu elektronik, peralatan rumah tangga, pakaian dan aksesoris, kesehatan dan kecantikan, rumah dan taman, serta mainan dan hobi. TEMU tersedia gratis dan dapat diunduh untuk perangkat Android di Google Play Store serta iOS di App Store.

2. SHEIN


Menurut perusahaan riset aplikasi Business of Apps, SHEIN merupakan aplikasi belanja online yang paling banyak diunduh secara global pada 2023. E-commerce asal China itu tercatat telah diunduh sebanyak 277 juta kali sepanjang tahun lalu.

Shein merupakan platform belanja online yang menjual berbagai produk fesyen, kecantikan, dan gaya hidup. Aplikasi ini juga dikenal menjual berbagai produk dengan harga terjangkau dan sangat Murah 


3. ALIEXPRES


AliExpress, anak perusahaan Alibaba Group, telah dengan cepat menjadi platform ritel daring yang populer sejak didirikan pada tahun 2010. AliExpress menghubungkan pembeli dan penjual di seluruh dunia, menawarkan berbagai macam produk.

AliExpress menawarkan berbagai macam produk, mulai dari pakaian dan elektronik hingga dekorasi dan aksesori rumah. AliExpress pada dasarnya telah menjadi tujuan utama bagi individu yang mencari harga terjangkau dan beragam pilihan. Salah satu aspek utama yang membedakan AliExpress adalah bahwa AliExpress terutama melayani bisnis kecil dan individu yang menjual produk mereka langsung ke konsumen.


( ez/naratawa)
Baca Juga di Google News




Iklan ads