Iklan

Iklan feed

,

Iklan

Wadidaww ! Data ASN, CPNS, PPPK di bobol Hacker dan di perjual belikan di Forum Hacker ! Naratawa

Naratawa
Minggu, 11 Agustus 2024, Agustus 11, 2024 WIB Last Updated 2024-08-11T12:01:59Z
Kabar kebocoran data ASN di platform BKN , Foto : @falconfeedsio
Naratawa.id - Masyarakat lagi lagi dihebohkan dengan kejadian kebocoran yang terulang, dugaan kebocoran data 4.759.218 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari seluruh provinsi Indonesia.

Di lansir dari detikfinance , data tersebut bersumber dari Satu Data ASN yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN). Disebut-sebut, data ini diperdagangkan di forum hacker, Breachforums, senilai US$ 10 ribu atau hampir Rp 159,4 juta (kurs Rp 15.949).

Dugaan kebocoran data ini sempat diunggah oleh salah satu platform keamanan siber, Falcon Feeds, di media sosial X (dulunya Twitter). Disebutkan, seorang pelaku mengaku telah menjual database yang berisi informasi pribadi 4,7 juta PNS dan PPPK.

Temuan ini berawal dari sebuah postingan dari peretas dengan nama anonim TopiAx di Breachforums pada hari Sabtu.



Menurut informasi data - data yang sudah pindah tangan pada Hacker di antaranya,data dari BKN sejumlah 4.759.218 baris yang berisi sangat banyak data, di antaranya adalah nama, tempat lahir, tanggal lahir, gelar, tanggal CPNS, tanggal PNS, NIP, nomor SK CPNS, dan nomor SK PNS.

Data lainnya, yakni golongan, jabatan, instansi, alamat, nomor identitas, nomor HP, surel (email), pendidikan, jurusan, dan tahun lulus. Selain data tersebut, masih banyak lagi data lainnya.
Dari kejadian - kejadian yang sudah sangat sering dan mengerikan tentang kebobolan data besar milik indonesia, semoga pemerintah tidak main - main menangani dan mencari jalan keluar dan solusi nya .


(Ez/naratawa)
Baca Juga di Google News

Iklan ads